Main Article Content

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan dalam pengelolaan sampah oleh Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang (studi pada kegiatan daur ulang sampah) serta untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Pada penelitian ini, konsep teori yang digunakan, merupakan sebuah teori milik Daniel Mazmanian dan Paul A. Sabatier dalam Wahab (2004:102) bahwa variabel keberhasilan pelaksanaan kebijakan yaitu: keluaran kebijakan, kepatuhan kelompok sasaran, dampak nyata kebijakan dan persepsi terdapat dampak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif dan penelitian ini dilakukan di Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dan 8 orang yang dijadikan sampel dengan teknik yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Menggunakan analisa kualitatif sebagai teknik analisa data. Kesimpulan dari penelitian menggambarkan pelaksanaan kebijakan dalam pengelolaan sampah oleh Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang (studi pada kegiatan daur ulang sampah) berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari sasaran kebijakan yang cukup baik, mengingat masih banyak adanya hambatan – hambatan yang terjadi. Hambatan yang dihadapi adalah sulit dalam menempatkan TPS (Tempat Pembuangan Sementara) seperti kontainer dan bak sampah permanen yang berdekatan dengan sentra pemukiman penduduk. Disamping itu ada faktor penghambat lainnya adalah kurangnya sarana dan prasarana seperti kurangnya jumlah armada kebersihan baik personil maupun peralatan seperti dump truck, arm roll dan alat berat serta alat pengolahan pengomposan dan masih kurangnya kesadaran untuk membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Keywords

Kebijakan Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Sampah

Article Details

Author Biography

RIAU SUJARWANI, STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang

Dosen Program Studi Ilmu Administrasi 

How to Cite
Sujarwani , R. (2016). PELAKSANAAN KEBIJAKAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH OLEH KANTOR KEBERSIHAN, PERTAMANAN DAN PEMAKAMAN KOTA TANJUNGPINANG (Studi PadaKegiatan Daur Ulang Sampah). JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(2), 265-279. https://doi.org/10.24905/jip.1.2.2016.265-279

References

  1. Abidin , Said Zainal. 2002. Kebijakan Publik. Jakarta : Yayasan Pancur Siwah.
  2. Agustino, Leo. 2006. Dasar – Dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.
  3. Ali,Muhammad. 1990. Kamus Lengkap Besar Bahasa Indonesia Moderen.Jakarta : Pustaka Amani.
  4. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Praktek Edisi Revisi ke-5. Jakarta : Rineka Cipta.
  5. Bungin, Burha. 2001. Metodologi Penelitian Sosial: Format – Format Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya : Airlangga University Press.
  6. Ismoyo, Imam Hendargo. 1994. Kamus Istilah Lingkungan. Jakarta : PT Bina Rena Pariwara.
  7. Moleong, Lexy J.2004.Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdarkarya.
  8. Nugroho, Riant D.2011.Public Policy : Dinamika Kebijakan, Implementasi dan Evaluasi.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  9. Pasolong, Harbani. 2007. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta.
  10. Soemardi. 1990. Organisasi dan Methode Penunjang Berhasilnya Proses Management. Jakarta : Percetakan Lukas.
  11. Sudrajat, H. R. 2006. Mengelola Sampah Kota. Bogor : Swadaya.
  12. Sugiyono.2009. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode Research and Development.Bandung : Alfabeta.
  13. Suharto, Edi.2008. Analisis Kebijakan Publik, Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.
  14. Wahab, Solichin Abdul. 2004. Analisis Kebijakan, Dari Formulasi ke Implementari Kebijakan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.
  15. Wicaksono, Kristian Widya. 2006. Administrasi dan Birokrasi Pemerintah. Yogyakarta : Graha Ilmu.
  16. Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Yogyakarta : Media Press.
  17. Peraturan Daerah Kota Tanjungpinang Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kota Tanjungpinang
  18. Peraturan Walikota Tanjungpinang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tanjungpinang.
  19. Undang–Undang Republik Undonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Otonomi Daerah
  20. Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah
  21. Http://id.wikipedia.org/wiki/Sampah, didownload tanggal 02 Februari 2016